Tips bekerja ‘Pelajaran berharga hari Selasa, 8 Juli 2014’

quote-of-ramadhan

Pelajaran berharga hari Selasa, 8 Juli 2014 (nasehat dan catatan untuk diri sendiri):

– Sarapan pagi sebelum berangkat kerja.
– Berdoa sebelum berangkat ke tempat kerja dan sesudah dari tempat kerja, minimal Bismillah dan Alhamdulillah.
– Saat bekerja, jika diperlukan berikan informasi apa yang telah kita kerjakan tanpa menyalahkan atau membanggakan diri sendiri.
– Gunakan waktu sebaik mungkin untuk bekerja dan istirahat. Jika ada yang mengajak mengobrol dan diskusi, dengarkan dan beri waktu untuk itu, seperlunya. Datang ke tempat kerja untuk bekerja, belajar, dan silaturahmi karena Allah SWT.
– Apabila ada teman atau atasan yang meminta bantuan kita dan mendesak, namun kita sedang mengerjakan sesuatu, sampaikan kalau apa yang sedang kita lakukan adalah penting. Sampaikan suatu alasan kalau kita adalah penting dan akan datang kemudian.
– Jaga ucapan, berpendapat, dan perbuatan. Usahakan tidak menyinggung mereka dan tidak menimbulkan pikiran negatif atau buruk sangka.
– Dahulukan kepentingan orang lain dan Allah SWT pasti akan mendahulukan kepentingan kita.
– Dirikan sholat wajib dan sholat dhuha di pagi hari.
– Jangan terlalu merasa bersalah, karena bekerja adalah sistem. Jujurlah dengan diri sendiri.
-Jangan pernah mengeluh dan membicarakan keburukan orang lain.
– Jika ada yang dominan, stay cool and be your mine.
– Pahami setiap karakter orang di tempat kerja. Tak akan ada orang yang selalu puas dan menyanjung pekerjaan kita setiap saat. Jadi, belajarlah ikhlas apapun itu!! Cukup syukuri hasil yang kita peroleh dan hanya berharap semoga Allah ridho dengan usaha kita.
– Tersenyumlah dan sapalah siapapun yang kita temui. Tak perlu membedakan siapa mereka, yang penting adalah berusaha selalu fastabihul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan).
– Bekerja ya harus berusaha untuk selalu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab. Do your best and Allah will do the rest.
– Selalu berfikir positif dan menganggap kita tidak bisa apa-apa dan bukan siapa-siapa. Ini mendorong kita agar terus berusaha namun tetap rendah hati. Aamiin.
– Jika kita diberi amanat menjadi pemimpin, jadilah pemimpin yang terbaik untuk diri sendiri dan anggota yang dipimpinnya. Jadikan mereka adalah keluarga kita. Quu anfusakum wa ahlikum naaro. Bagaimanapun juga, kita akan dimintai pertanggungjawabannya nanti di akherat.
– Jangan pernah menyalahkan orang lain ataupun keadaan. Jadilah pemaaf dan berfikir positif.
– Ceriakan hati dan pikiran agar selalu segar dan tetap semangat. Beri kesempatan tubuh dan pikiran untuk rileks sejenak dan istirahat secukupnya.
– Jadilah bekerja sebagai ladang untuk memperoleh ridho Allah SWT.
– Tiada manusia sempurna dan tanpa dosa, yang ada adalah insan yang selalu berusaha menjadi lebih baik dan beruntung karena Allah SWT. Wallohua’lam.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s