Lessons for today ‘2011’

  1. Apapun bentuk kebijakan, peraturan, dan kepemimpinan tergantung dari seberapa hebat seorang pemimpin melaksanakan dan mengarahkan sikap penduduknya…karena bagaimanapun, penduduklah yang independen dalam menentukan sikap (Januari, 2011).
  2. Keberanian bukan terletak pada besarnya pengetahuan kita, tapi seberapa besar pengetahuan kita yang dapat dibagi ke yang lain (Januari 2011).
  3. Hidup adalah pilihan, tetapi bukan berarti pilihan bagai kapas yang mudah terombang-ambing (Maret, 2011).
  4. Ketrampilan yang beragam yang kita miliki tak bermaksud menghindar dari masalah, tapi berguna membangun pertahanan diri saat dihadapkan pada realita yang tak sesuai dengan pilihan kita (Maret, 2011).
  5. Sebaiknya hal kecil yang bukan tugas pokok kita tidak dijadikan sebagai hambatan untuk merencanakan hal besar.  Tetaplah fokus pada tugas pokok !! (Maret, 2011).
  6. Orang-orang hebat biasanya datang dari orang yang dikucilkan, diacuhkan, atau dihindari.  Bukan karena dia lemah atau tidak berguna, tapi karena kemampuannya yang berbeda dari lingkungannya.  Seringkali kehebatannya belum diketahui lingkungan di sekitarnya (Maret, 2011).
  7. Saat kita masih di bawah, saat itulah kesempatan besar bagi kita menjadi pribadi yang kokoh, tangguh, dan tidak mudah menyerah (Maret, 2011).
  8. Kesempatan tidak datang dua kali.  Namun, kesempatan menjadi tidak ada bila kita tidak bergerak menuju dimana kesempatan itu berada (Maret, 2011).
  9. Api tidak dipadamkan dengan minyak,,,  kekerasan tidak dipadamkan dengan kekuatan,,, kedengkian tidak dipadamkan dengan kesombongan,,, Tapi,,, api dipadamkan dengan air,,, kekerasan dipadamkan dengan kesabaran,,, dan kedengkian dipadamkan dengan prestasi (Maret, 2011).
  10. Aku membangun negeri, nama, dan kehormatan untuk generasi setelahku dan kuselipkan doa untuk generasi sebelumku dan setelahku (Maret, 2011).
  11. Sangat mudah membekukan suasana tapi sulit mencairkan suasana yang telah membeku (Maret, 2011).
  12. Kalau tidak salah, kenapa mesti takut? Kalau tidak tahu, kenapa mesti sembunyi? Kalau tidak peduli, kenapa mesti muncul? Ayo, bergeraklah… !! (Maret, 2011).
  13. Tak masalah mengapa itu terjadi, tapi yang jadi masalah mengapa kita tidak dapat memecahkan sesuatu yang sudah terjadi (April, 2011).
  14. Orang besar adalah orang yang dapat melupakan kesalahan orang lain (April, 2011).
  15. Orang besar adalah orang yang berusaha lebih baik dari kesalahan yang pernah dilakukan olehnya atau orang lain sebagai bagian dari pelajaran hidupnya (April, 2011).
  16. Hilangkan rasa benci dan kecewa pada seseorang.  Seringkali rasa itu membawa rasa penyesalan.  Biarlah orang tidak sependapat dengan kita.  Jikalau harus dilawan, sambutlah tanpa harus dengan emosi (April, 2011).
  17. Orang kecil, saat yang paling tepat untuk mengalah (April, 2011).
  18. Sering-seringlah mengucapkan kata ‘maaf’, walaupun kesalahan tidak bersumber dari kita (April, 2011).
  19. Salah jauh lebih baik daripada tidak tahu !! (April, 2011).
  20. Perjalanan ini Luar Biasa !! (April, 2011).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s